Jumat, 04 April 2008

Hak Waris


Dari pengeras suara mesjid, khutbah Jum'at hari ini khotib mengulas tentang Hak Waris. Lebih lanjut khotib mengingatkan, bahwa dari sekian banyak ilmu yang Allah SWT turunkan, Ilmu Hak Waris merupakan ilmu yang paling awal akan musnah dari muka bumi. Mengapa?

Tidak hanya ummat biasa yang banyak tidak hirau dengan ilmu ini, tetapi banyak dari ulama, kyai atau ustad juga yang mengabaikan ilmu ini dalam kajian-kajian dan ceramah-ceramahnya. Terlebih lagi mereka yang memiliki kepentingan pribadi (masih memiliki tabi'at serakah dan tamak), akan merasa terancam bila mengaplikasikan ilmu yang satu ini. Lalu mereka berpaling kepada cara-cara yang akan menguntungkan dirinya sendiri, tetapi khianat terhadap pihak yang lainnya. Padahal Ilmu Hak Waris ini datangnya langsung dari Allah, dzat yang Maha Adil.

Ah, ternyata bukan pejabat atau atasan saja yang korupsi. Kita, bahkan ulama, kyai atau ustad juga telah melakukan tindak korupsi bila tidak mengamalkan dan mengabaikan (tidak mensyi'arkan) hukum hak waris ini.

Anda punya banyak memiliki harta yang akan ditinggalkan sebagai warisan untuk anak-isteri?
Hendaklah mau mempelajari dan menjalankan Ilmu Hak Waris ini, tentu saja agar adil dan tidak korupsi...

Tidak ada komentar: