Selasa, 22 April 2008

Hari Bumi

Hari Bumi disambut kebanyakan negara pada 22 April hari ini. Ada yang memulainya dari tanggal 16 hingga 22 April. Tujuan diperingatinya Hari Bumi, adalah untuk memberikan kesadaran warga bumi terhadap kepentingan kita untuk menjaga, memelihara dan memuliakan satu-satunya harta kita yang paling berharga yaitu BUMI. Bumi ibarat sebuah rumah yang menjadi tempat untuk kita berlindung dan menjalani kehidupan sehari-hari. Isu yang sering dicanangkan pada masa kini ialah PEMANASAN GLOBAL, adalah menjadi tanggungjawab dan kewajiban kita warga bumi, untuk memastikan BUMI kita ini terhindar dari segala bencana yang diakibatkan oleh kita sendiri. Pencemaran demi pencemaran yang berlangsung berawal dari kita sendiri. Masih belum terlambat untuk bertindak. Tindakan itu bukan saja hanya untuk kita, tetapi juga untuk generasi seterusnya.


Pada hari ini, mari kita luangkan waktu untuk melakukan sesuatu bagi keselamatan bumi kita. Menghentikan sejenak kegiatan yang akan menimbulkan polusi pada udara, tanah dan air, adalah salah satu cara kita turut memperingatinya.

"Selamat Hari Bumi"


Sejarah Hari Bumi
Tiga puluh delapan tahun yang lalu pada 22 April 1970, hari Bumi untuk pertama kalinya diselenggarakan di Amerika Serikat, atas prakarsa seorang senator, Gaylord Nelson. Embrio gagasan Hari Bumi dimulai sejak ia menyampaikan pidatonya di Seattle tahun 1969, tentang desakan untuk memasukkan isu-isu kontroversial, dalam hal ini lingkungan hidup, dalam kurikulum resmi perguruan tinggi mengikuti model teach in mengenai masalah anti perang. Gagasan Nelson mendapat dukungan yang mencengangkan dari masyarakat sipil. Dukungan ini terus membesar dan memuncak dengan menggelar peringatan HARI BUMI yang monumental. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada 22 April 1970. Nelson menyebutkan fenomena ini sebagai 'ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan' dimana : "Masyarakat umum sungguh peduli dan Hari Bumi menjadi kesempatan pertama sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional, dan dengan itu menyempaikan pesan yang serius dan mantap kepada para politisi untuk bangkit dan berbuat sesuatu".


Menurut berbagai analisis ledakan ini muncul karena bergabungnya generasi pemrotes tahun 60-an (bagian terbesar adalah pelajar, mahasiswa, sarjana) yang terkenal sebagai motor gerakan anti-perang, pembela hak-hak sipil yang radikal. Sebuah perkawinan antara pemberontakan 60-an dan kesadaran lingkungan tahun 60-an. Hari Bumi yang pertama ini di Amerika Serikat merupakan klimaks perjuangan gerakan lingkungan hidup tahun 60-an untuk mendesak masuk isu lingkungan sebagai agenda tetap nasional. Kini peringatan Hari Bumi telah menjadi sebuah peristiwa global. Para pelaksana peringatan Hari Bumi menyatukan diri dalam jaringan global masyarakat sipil untuk Hari Bumi yakni EARTH DAY NETWORK yang berpusat di Seattle. Bila Hari Bumi 1970 pertama paling tidak melibatkan 20 juta manusia di AS, Hari Bumi 1990 melibatkan 200 juta manusia di seluruh dunia, maka pada Hari Bumi 2008 diperkirakan terlibat satu milyar manusia di seluruh dunia dengan jargon "making history - making change".


2 komentar:

Bongjun mengatakan...

karena di planet natuna Earth Day sepi-sepi saja alias nobody care !!! bongjun numpang merayakannya di blog marlina. hhehehehe.

Forest
it's only for rest
not for the rest

puisi terpendek in the world dari bongjun ini diciptakan untuk merayakan Earth Day

Marlina Selamat Merayakan Hari Bumi yang semakin uzur. Salam buat aa nya.

Bongjun mengatakan...

sebetolnya tanganku lah ndoktahan dok nak ngutak-ngatik blog ni. Yo lebih indah, seindah tulisan yang dipostingkan oleh pemiliknya. hehehehe. you have to upgrade your blog. anggap saja kue ulang tahun dari bongjun. bye