Selasa, 24 Juni 2008

Top Press : Kabupaten Anambas Terbentuk

Keinginan masyarakat Kepulauan Anambas untuk memisahkan diri dari kabupaten induk Natuna hari ini terpenuhi sudah. Rapat paripurna DPR-RI hari ini telah menyetujui RUU pembentukan Kabupaten Anambas dan sebelas kabupaten/kota lainnya menjadi Undang-Undang. Dalam waktu dekat Anambas bukan Natuna lagi.

"Selamat saudaraku, masyarakat kepulauan Anambas. Bangun negeri, sejahterakan masyarakat."

Aku sampaikan ucapan selamat ini, sebagai ungkapan persahabatan untuk sesuatu yang sudah terlanjur terjadi. Namun jauh sebelumnya, yaitu saat isu pemekaran masih berupa wacana hingga pemekaran wilayah ini masih berupa draft RUU di DPR-RI, aku sudah mempertanyakan mengapa masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Natuna sebagai kabupaten induk begitu saja rela dan bahkan mendukung pemekaran wilayah Kepulauan Anambas lepas dari Natuna.

Terlepas bahwa terbentuknya kabupaten baru ini adalah dari keinginan kuat dan hasil perjuangan keras masyarakat Anambas, akan tetapi dukungan yang serta merta dari Pemerintah Kabupaten Natuna, bisa jadi ini merupakan bukti bahwa pemerintahan Kabupaten Natuna tidak memiliki kemampuan lagi untuk berbuat atau bahkan meyakinkan sekalipun, untuk membangun secara adil dan menyejahterakan rakyatnya di wilayah Kepulauan Anambas.

Nasi sudah menjadi bubur. Keputusan politik sudah diambil. Kepulauan Anambas sudah lepas. Sejarah tak akan pernah bisa dihapus (baca). Apapun yang akan terjadi kelak dengan keputusan ini, baik untuk Natuna maupun untuk Anambas, para pendukung pemekaran harus bisa mempertanggung-jawabkannya kepada generasi mendatang.

Berita terkait :

sijorimandiri.net/fz/index.php?option=com_content&task=view&id=929&Itemid=34

http://www.natuna.go.id/website/index.php?option=com_content&task=view&id=160&Itemid=43

2 komentar:

Bongjun mengatakan...

Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas,Kabupaten Serasan Midai Subi (SMS ), Kabupaten Bunguran Barat and next Provinsi Pulau Tujuh,.......maybe yes maybe not. Sebuah bukti betapa rapuh dan mudahnya melayu natuna bekecai.

Anonim mengatakan...

Mudah2an..kita same2 berdo'a yach..dengan pemekaran Anambas tidak membuat kite masyarakat Melayu terpecah belah tapi tambah kuat melepas bersame2 same2 keterasingan pulau tujuh dg transportasi yg layak, institusi pendidikan yang berkwalitas, pelayanan umum seperti rumah sakit yang memadai... dll dengan rentang pelayanan pemerintah ke rakyat semakin dekat..jaye..Natuna.. Jaye..Anambas..